Seru Mana Diving Atau Snorkling?

Ketika Anda berlibur apalagi di Indonesia yang super banyak spot renang super kece. Tentu saja yang Anda ingin lakukan adalah menikmati pemandangan bawah air dong. Entah itu Anda sedang di laut atau sebuah danau semuanya menarik untuk Anda nikmati keindahannya. Banyak sekali biota bawah air yang menarik perhatian dan meminta untuk Anda nikmati keindahannya.

Nah kalau di suruh memilih Anda akan memilih mana? Apakah Anda akan diving ataupun Anda akan snorkling? Ya kedua aktivitas air ini sih sebenarnya tidak jauh berbeda. Tapi tetap saja memiliki perbedaan yang menarik jika Anda teliti. Keduanya sangat cocok untuk Anda gunakan menikmati indahnya bawah air loh. Jadi kalau kata kami semuanya menarik untuk Anda coba.

4 Hal Penting Perbedaan Snorkling (Snorkeling) Dan Diving

Nah kalau Anda penasaran apa sih bedanya snorkling (snorkeling) dan diving ini. Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di sini. Dengan begitu Anda akan jauh lebih paham. Jadi kalau Anda mau berlibur tidak bingung lagi deh mau melakukan yang mana. Tentu saja keduanya sama-sama seru untuk Anda lakukan.

  • Tempat atau lokasi yang digunakan

Perbedaan yang pertama adalah tempat atau lokasinya. Nih ya jika Anda diving Anda hanya akan berenang di tempat yang tidak terlalu dalam. Biasanya Anda melakukannya untuk melihat biota laut dengan berenang di permukaan. Kalau Anda snorkling Anda perlu alat. Karena Anda akan melihat biota laut ataupun air yang berada cukup dalam. Setidaknya 40 meter di bawah permukaan air.

  • Peralatan yang digunakan

Nah untuk peralatan yang Anda gunakan pun sangat berbeda. Jika Anda melakukan diving paling Anda hanya butuh snorkel untuk bernafas. Selain itu Anda butuh kaki katak untuk Anda gunakan membantu berenang. Jika snorkling Anda butuh alat pernafasan. Tentu saja Anda harus menggunakan tabung oksigen.

  • Resiko yang bisa di dapatkan

Untuk resiko yang bisa didapatkan jelas lebih besar snorkling. Mengapa demikian karena Anda harus masuk ke air cukup dalam. Jika Anda tidak bisa berenang dengan baik akan sangat beresiko. Nah jika Anda diving Anda hanya di permukaan air sehingga meminimalisir resiko yang bisa Anda dapatkan. Terutama resiko tenggelam.

  • Keahlian khusus

Yang ke empat yang membedakan adalah keahlian khusus. Jika Anda melakukan snorkling Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus. Nah jika Anda ingin diving apalagi untuk scuba diving Anda harus memiliki lisensi. Bahwa Anda sudah menguasai teknik scuba. Jika Anda tidak memilikinya maka Anda harus mendapatkan pendampingan khusus.

Tips Melakukan Diving Ataupun Snorkling

Nah di atas kan sudah jelas mengenai perbedaan dari snorkling dan juga diving. Sebenarnya sih sama-sama bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan biota air. Tapi tetap saja Anda harus mementingkan keamanan dan kenyamanan Anda. Berikut ini Anda bisa melakukan tips terbaik untuk melakukan keduanya dengan aman. Terutama akan lebih aman jika Anda menggunakan pendamping yang sudah ahli.

Jika Anda ingin snorkling, pastikan Anda mencari lokasi yang tidak terlalu dalam. Akan lebih nyaman jika Anda melakukannya di lokasi yang memang biota airnya berada di pinggiran. Jika Anda ingin diving pastikan Anda dalam keadaan sehat. Anda pun tidak mudah kram dalam air. Karena sangat beresiko jika Anda berada di kedalaman air dan kram. Pastikan juga untuk mengecek selang pernafasan yang Anda miliki.