Siapkan Dirimu Menjadi Petualang

Indonesia adalah negara dengan seribu keindahan alam yang dimilikinya. Yah, keindahan pesona Indonesia memang cukup bisa diacungi jempol. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang melancong ke Indonesia demi melihat pesona alam yang tidak ada di negaranya. Lalu bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menjelajah dan menikmati keindahan alam Indonesia?

Ada banyak sekali wisata alam Indonesia di berbagai daerah yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, bukit dan lain sebagainya. Namun sebenarnya hingga saat ini masih banyak pesona alam Indonesia yang belum di explore. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, saya yakin pasti Anda penasaran dengan pesona keindahan alam Indonesia yang masih tersembunyi.

Ciri-Ciri Jiwa Petualang

Menjadi seorang petualang bukanlah sebuah hal yang mudah. Tidak serta merta seseorang langsung bisa menjadi seorang petualang. Seorang petualang, biasanya memang dilahirkan memiliki jiwa petualang. Lalu seperti apa ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa petualang? Berikut adalah beberapa ciri-ciri jiwa petualang:

  1. Mudah bergaul

Seorang petualang ataupun traveler biasanya memiliki sifat humble dan mudah bergaul dengan orang-orang baru. Orang asing sering dianggap menjadi hal menarik untuk mengetahui budaya dan latar belakangnya. Dengan begitu, ada banyak hal baru yang akan didapatkan.

  1. Mudah penasaran

Penasaran akan hal baru adalah salah satu ciri seseorang yang memiliki jiwa petualang. Rasa penasaran terhadap suatu tempat dan keinginan untuk mengeksplorasi tempat tersebut. Rasa penasaran ini biasanya tercermin pada pribadi seseorang yang tidak bisa hanya diam duduk di rumah.

  1. Tidak mempermasalahkan pengeluaran

Sebagian besar orang sering mempermasalahkan biaya ketika menjelajahi suatu tempat terutama tempat-tempat yang jauh. Seseorang yang memiliki jiwa petualang tidak akan mempermasalahkan hal tersebut. Bagi dirinya kepuasan yang didapat karena mengunjungi suatu tempat lebih penting dibandingkan dengan uang yang telah dikeluarkan.

  1. Terobsesi pada kebudayaan dan peta

Bagi Anda yang senang membaca majalah-majalah National Gheographic menunjukkan bahwa Anda memiliki salah satu ciri seseorang yang memiliki jiwa petualang. Hal ini juga bisa dilihat dari kecenderungan Anda ketika SMA yang sangat mencintai pelajaran geografi.

  1. Berani

Ketakutan terbesar seorang petualang adalah bahaya yang selalu mengintai setiap saat. Bahaya tersebut bisa berasal dari binatang, cuaca, manusia dan lain sebagainya. Terlebih lagi setiap tempat memiliki risiko bahaya yang berbeda-beda. Seseorang yang memiliki jiwa petualang harus tidak takut menghadapi segala kemungkinan bahaya yang dapat menimpa dirinya.

Itulah lima ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa petualang. Sekarang Anda bisa menilai sendiri apakah Anda adalah seseorang yang memiliki jiwa petualang. Sebenarnya, memiliki jiwa petualang saja tidak cukup menjadikan Anda menjadi seorang petualang yang sesungguhnya. Anda juga harus memiliki beberapa keahlian agar mampu bertahan hidup di alam bebas sana.

Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Petualang

Kemampuan yang wajib Anda miliki untuk menjadi seorang petualang yaitu:

  1. Mengetahui tanda-tanda navigasi dari alam

Kompas dan peta adalah dua benda yang wajib dibawa ketika berpetualang. Untuk membaca kompas dan peta tentu membutuhkan keahlian khusus. Nah, bagi Anda yang ingin berpetualang di alam bebas, Anda harus bisa menggunakan kedua alat ini. Dengan begitu, perjalanan Anda akan berada pada rute yang benar dan sesuai dengan tujuan. Selain itu, peta juga akan menunjukkan beberapa tempat seperti ada tidaknya sungai sebagai mata air yang bisa Anda gunakan untuk minum dan lain sebagainya. Bagi Anda yang beragama muslim, kompas akan membantu menunjukkan arah kiblat dan Anda bisa menunaikan ibadah shalat.

  1. Mampu membuat api

Api sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan penjelajahan di alam bebas. Terutama ketika malam datang. Api sangat penting sebagai penghangat tubuh, memasak maupun pelindung dari hewan-hewan liar. Cara mudah membuat api seperti yang dilakukan orang zaman dulu yaitu teknik fire plough. Teknik ini sangat sederhana, yaitu dengan menggesek-gesekkan tongkat kering hingga muncul percikan api.

  1. Mengetahui cara meminta pertolongan

Ada banyak kasus petualang yang hilang khususnya para pendaki gunung. Untuk itu, teknik dan cara meminta pertolongan juga sangat diperlukan sebagai upaya jika Anda tersesat di perjalanan.

Selain dua kemampuan diatas, Anda juga harus memiliki pola pikir yang positif. Positive thinking dan tenang adalah salah satu kunci dapat bertahan hidup dialam bebas. Pikiran negatif akan membuat Anda panik dan terburu-buru serta selalu memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa berujung terwujudnya kemungkinan tersebut. Dengan berpikir positif, Anda akan selalu memikirkan bagaimana cara agar bisa bertahan hidup dan keluar dari masalah yang dihadapi.

Setelah membaca uraian diatas, apakah Anda sudah siap menjadi petualang? Selamat mempersiapkan diri untuk menjadi petualang. Jangan lupa eksplore keindahan alam Indonesia dimata dunia.